Yunita, Agnes (2011) Analisa butir soal uas gasal kelas XI SMA Kartika Wijaya Surabaya tahun ajaran 2010/2011 bidang studi fisika. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (448kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (214kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (216kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi memiliki peran penting dalam pendidikan. Dengan evaluasi dapat diketahui keberhasilan proses belajar mengajar. Tes buatan guru merupakan salah satu bentuk evaluasi. Sehingga tes buatan guru diharapkan sesuai dengan kriteria tes yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tes buatan guru memenuhi kriteria tes yang baik ditinjau dari reliabilitas, validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pola jawaban soal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Akhir Semester bidang studi Fisika kelas XI semester gasal Sekolah Menengah Atas Kartika Wijaya Surabaya tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jawaban Ujian Akhir Semester. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas soal Ujian Akhir Semester, sedangkan indikatornya adalah reliabilitas, validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pola jawaban soal. Hasil penelitian ini adalah soal-soal Ujian Akhir Semester kualitasnya baik. Dilihat dari segi reliabilitas soal sudah reliabel, dari segi validitas didapat bahwa dari 30 soal terdapat 22 soal (73,33%) valid, untuk daya pembedanya termasuk dalam kategori soal jelek berjumlah 8 soal (26,67%), soal cukup berjumlah 20 soal (66,67%), soal baik berjumlah 2 soal (6,67%). Dilihat dari tingkat kesukaran terdapat 1 soal (3,33 %) sukar, 12 soal (40%) sedang dan 17 soal (56,67%) mudah. Dilihat dari efektifitas distraktornya terdapat 12 soal (40%) distraktor efektif sedangkan 18 soal (60%) distraktor tidak efektif. Secara keseluruhan tes buatan guru cukup baik namun perlu diperbaiki faktor-faktor penunjuangnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of teacher training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Evaluasi, Tes Objektif |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 12:36 |
Last Modified: | 22 Jan 2015 12:36 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |