Faktor-faktor yang meningkatkan harga diri pada remaja tunanetra di sekolah inklusi

Zulhida, Ameliza (2011) Faktor-faktor yang meningkatkan harga diri pada remaja tunanetra di sekolah inklusi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Pada umumnya individu yang memiliki kekurangan fisik memiliki harga diri yang rendah terutama remaja karena salah satu tugas perkembangan remaja adalah menerima keadaan fisiknya. Kenyataannya, remaja yang mengalami tunanetra tersebut memiliki harga diri yang tinggi dan tidak merasa minder dengan keadaan fisik yang dimilikinya. Remaja yang berkebutuhan khusus juga pada umumnya bersekolah di sekolah khusus tetapi saat ini anak-anak berkebutuhan khusus dapat juga bersekolah dengan anak normal lainnya yaitu di sekolah inklusi tanpa merasa minder dengan teman-temannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan harga diri pada remaja tunanetra di sekolah inklusi. Subjek penelitian ini adalah remaja tunanetra usia antara 13-18 tahun dan bersekolah di sekolah inklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik bola salju/berantai (snowball/chain sampling). Hasil proses data didapatkan bahwa faktor-faktor yang meningkatkan harga diri remaja tunanetra tersebut adalah faktor eksternal seperti dukungan dari keluarga dan sekolah. Kemudian faktor internal seperti kelebihan yang dimiliki remaja tersebut dan kemandirian. Dari dua faktor tersebut memunculkan motivasi diri subjek untuk tidak minder kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Harga diri, tunanetra, dan sekolah inklusi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Christina Handini N
Date Deposited: 22 Jan 2015 03:47
Last Modified: 28 Jan 2015 04:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item