Analisis pengaruh insentif pajak terhadap penghindaran pajak perusahaan (Studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015)

Rombe, Astriditta (2017) Analisis pengaruh insentif pajak terhadap penghindaran pajak perusahaan (Studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Pajak merupakan sumber pendanaan terbesar bagi Indonesia dalam membiayai kegiatan perekonomian Indonesia. Penghindaran pajak (tax avoidance) merupakan suatu cara yang digunakan oleh wajib pajak untuk menghindari beban pajak dengan tidak melanggar peraturan perpajakan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh insentif pajak terhadap penghindaran pajak. Penghindaran pajak diukur dengan menggunakan proksi GAAP ETR dan Current ETR. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak, sementara insentif pajak sebagai variabel independennya. Profitabilitas (ROA), debt to equity ratio dan ukuran perusahaan (size) merupakan variabel kontrol dalam penelitian ini. Objek penelitian menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa insentif pajak berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, signifikan dengan menggunakan GAAP ETR namun tidak berpengaruhdengan menggunakan Current ETR. Debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, sedangkan return on asset dan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak jika menggunakan proksi GAAP ETR. Hasil pengujian jika dilihat dengan menggunakan proksi Current ETR menemukan bahwa return on asset berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, sedangkan debt to equity ratio dan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Insentif Pajak, Penghindaran Pajak, Kepemilikan Publik
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Astriditta Rombe
Date Deposited: 06 Apr 2017 06:27
Last Modified: 06 Apr 2017 06:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10600

Actions (login required)

View Item View Item