Pengaruh lama pemeraman terhadap sifat organoleptik wine anggur bali (alphonso lavalle)

Kurniawan Ang, Tito (2012) Pengaruh lama pemeraman terhadap sifat organoleptik wine anggur bali (alphonso lavalle). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAb 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

Buah anggur Bali merupakan salah satu jenis anggur yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Anggur Bali termasuk dalam jenis Vitis vinifera. Wine merupakan minuman hasil fermentasi buah-buahan dengan menggunakan Saccharomyces cerevisiae yang memproduksi kadar alcohol antara 8-15%. Pemeraman merupakan proses penyimpanan dalam kurun waktu tertentu dan selama proses pemeraman dapat terjadi perubahan organoleptik dan fisikokimia wine. Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian organoleptik dengan menggunakan uji kesukaan dan faktor yang digunakan adalah lama pemeraman (1, 2, 3, 4, 5, 8, dan 10 bulan). Parameter yang diuji sensoris meliputi rasa, aroma, kejernihan dan warna dan pengujian fisikokimia meliputi pengukuran kadar alkohol, warna dan tingkat kekeruhan. Data dari hasil pengujian fisikokimia akan dicari persamaan matematik sehingga didapatkan model matematika dari persamaan tersebut. Datapengujian sensoris yang diperoleh dianalisa secara statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% dan jika ada beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan beda nyata. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lama pemeraman mempengaruhi sifat sensoris (rasa, warna, flavor dan kejernihan) dan fisikokimia (kadar alkohol, warna dan tingkat kekeruhan). Model matematika untuk parameter warna (redness) terhadap lama pemeraman adalah y=0,8912x+15,698 dengan koefisien determinasinya (R2) adalah 0,9892. Model matematika untuk parameter tingkat kekeruhan adalah y=- 4,3686x+74,77 dan R2 = 0,9950, sedangkan untuk parameter alkohol adalah y=-0,076x2+1,201x+6,376 dan R2 = 0,9570.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: Bali Grape, Wine, Aging
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 01:51
Last Modified: 18 May 2017 01:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item