Penerimaan remaja mengenai program Genre (Generasi Berencana) melalui ILM "Generasi Smart, Generasi Berencana" oleh BKKBN

Rustam, Stefanus Yonathan (2017) Penerimaan remaja mengenai program Genre (Generasi Berencana) melalui ILM "Generasi Smart, Generasi Berencana" oleh BKKBN. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan remaja mengenai program Genre (Generasi Berencana) melalui ILM “Generasi Smart, Generasi Berencana” oleh BKKBN. Kampanye program Genre menitikberatkan pada edukasi persiapan pernikahan pada kaum muda, sebagai pencegahan terjadinya pernikahan dini, hal tersebut bertujuan agar mereka mampu menempuh jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan perencanaan sesuai siklus usia dan kesehatan reproduksi. Di sisi lain angka pernikahan dini di Indonesia terbilang tinggi, Dari sekian banyak provinsi di Indonesia, angka pernikahan dini di provinsi Jawa Timur terbilang tinggi, yaitu menyentuh angka spesifik 34.738 pernikahan dini selama bulan Januari – Agustus 2016 di Jawa Timur, bahkan angka tersebut di atas rata-rata nasional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teori kampanye PR dari Gun Gun Heryanto yang membahas mengenai bagaimana kampanye dilakukan melalui ILM. Sedangkan metode yang digunakan adalah Reception Analysis, Encoding dan Decoding milik Stuart hall yang bertujuan menggali makna dan menggolongkan ke dalam 3 tipologi, yaitu Dominant-Hegemonic, Negotiated dan Oppositional. Data informan dikumpulkan melalui in-depth interview. Hasil penelitian ini menemukan bahwa remaja memandang ILM “Generasi Smart, Generasi Berencana” dengan cara yang berbeda bergantung pada frame of experience dan field-of-reference masing-masing informan. Para remaja memposisikan diri dalam Dominant-Hegemonic saat melihat mempersiapkan rencana yang matang sebelum menikah adalah sesuatu yang perlu. Sedangkan dalam posisi Negotiated-Code informan meyakini bahwa apa yang disampaikan oleh pesan ILM “Generasi Smart, Generasi Berencana” tidaklah salah, namun di sisi lain juga harus mengakui hak individu setiap orang bila yang bersangkutan ingin menikah dengan atau tanpa persiapan. Terakhir dalam posisi Opposition-Code informan melihat bahwa mempersiapkan perencanaan hidup pernikahan bisa saja dilakukan saat sudah menikah, tidak harus sebelum menikah. Peneliti menilai bahwa terdapat manfaat positif dari penerimaan yang berbeda untuk kampanye Genre yang dilakukan oleh BKKBN, dalam hal ini melalui ILM “Generasi Smart, Generasi Berencana.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Reception Analysis, perencanaan hidup pernikahan, Kampanye, ILM, Remaja
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 4165 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 07:40
Last Modified: 20 Nov 2017 07:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item