Identifikasi potensi antioksidan minuman coklat dari kakao lindak (theobroma cacao l.)dengan berbagai cara preparasi: metode ferric reducing antioxidant power (frap)

Halim, Florentin Yunita (2012) Identifikasi potensi antioksidan minuman coklat dari kakao lindak (theobroma cacao l.)dengan berbagai cara preparasi: metode ferric reducing antioxidant power (frap). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (936kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Kakao merupakan salah satu sumber antioksidan yang diharapkan mampu menangkal efek radikal bebas dalam tubuh. Preparasi minuman coklat umumnya beragam tergantung pada kebiasaan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan cara preparasi minuman coklat terhadap kemampuan antioksidan dalam kakao untuk mereduksi kompleks Ferric Tripyridyl Triazine (Fe III TPTZ) menjadi bentuk Ferro Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan faktor tunggal, yaitu Cara Preparasi Minuman Coklat yang terdiri dari empat perlakuan (P) yaitu: pelarutan bubuk coklat dalam air bersuhu ruang (P1), penambahan air mendidih ke dalam wadah berisi bubuk coklat (P2), pelarutan bubuk coklat dalam air bersuhu ruang dan kemudian dididihkan (P3) serta pelarutan bubuk coklat dalam air bersuhu ruang yang kemudian dididihkan dengan menggunakan microwave (P4). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak dua kali, pengacakan unit penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan parameter penelitian kemampuan antioksidan minuman coklat untuk mereduksi kompleks Ferric Tripyridyl Triazine (Fe III TPTZ) menjadi bentuk Ferro. Pengaruh faktor dianalisa menggunakan ANOVA pada α = 5% kemudian dilanjutkan dengan uji DMRT pada α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan cara preparasi minuman coklat berpengaruh nyata terhadap kadar total fenol dari minuman coklat tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar total flavonoid (baik berupa (+)-katekin maupun (-)-epikatekin) dan terhadap kemampuan antioksidan dalam kakao untuk mereduksi kompleks Ferric Tripyridyl Triazine (Fe III TPTZ) menjadi bentuk Ferro. Kadar total fenol sampel antara: 16,1 – 28,6 mg GAE/g bubuk coklat. Kadar total flavonoid sampel berkisar antara 18,8 – 27,4 mg CE/g bubuk coklat dan 36,0 – 47,3 mg ECE/g bubuk coklat. Kemampuan antioksidan dalam kakao untuk mereduksi Fe3+ menjadi Fe2+ berkisar antara136,2 – 168,5 mM Fe(II)/L.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Minuman Coklat, Kakao Lindak, FRAP
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 02:29
Last Modified: 18 May 2017 02:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item