Susanti, Anastasia Jessica Adinda (2013) Banalitas Intelektual Dalam Dunia Pendidikan Perguruan Tinggi Suatu Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Filsafat Arete, 2 (2). pp. 160-172. ISSN 2089-7804 (Unpublished)
Preview |
Text (Banalitas intelektual dalam dunia pendidikan perguruan tinggi suatu kajian filsafat ilmu)
Bu_Jessica_Filsafat.pdf Download (631kB) | Preview |
Text (Banalitas intelektual dalam dunia pendidikan perguruan tinggi suatu kajian filsafat ilmu-peer review)
R 1& 2 Banalitas Intelektual...........pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
Abstract
Tulisan ini bertolak dari permasalahan pendidikan pada perguruan tinggi di Indonesia, yang oleh Heru Nugroho dirumuskan dalam istilah banalitas intelektual. Banalitas intelektual ialah situasi yang ditandai oleh pendangkalan pemikiran yang tidak disadari, kemerosotan kualitas intelektual dan akademik. Ide dasar dari tulisan ini ialah mencari penyebab banalitas intelektual di level filsafat ilmu. Filsafat ilmu digunanakan sebagai sudut pandang sebab praktek pendidikan mengandaikan adanya cara pandang terhadap ilmu. Situasi banalitas intelektual terjadi pertama karena cara pandang yang terlalu mementingkan kuantitas untuk mengukur kualitas intelektual. Semangat terlalu mementingkan kuantitas ini dapat dilihat sebagai romantisme kejayaan metode induksi. Penyebab banalitas intelektual yang kedua ialah diabaikannya tujuan ilmu untuk menyejahterakan seluruh umat manusia, bukan hanya untuk segolongankecil manusia. Akhirnya, perubahan cara pandang untuk mendekati kualitas intelektual perlu diusahakan, agar dunia pendidikan di perguruan tinggi mengalami perkembangan, tidak terjebak dalam permasalahan yang sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intellectual Banality, Philosophy, Science |
Subjects: | Philosophy |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 18 May 2017 08:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 08:03 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10736 |
Actions (login required)
View Item |