Kajian waktu penyeduhan teh hitam terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik es krim teh hitam

Utomo, Eunike Lauwrence Budi (2013) Kajian waktu penyeduhan teh hitam terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik es krim teh hitam. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAb 6.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dimanfaatkan, sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan terbuat dari daun Camellia sinensis yang mengalami proses fermentasi paling lama sehingga warnanya sangat pekat dan aroma paling kuat. Es krim teh hitam merupakan salah satu jenis frozen dessert berbahan dasar susu dengan penambahan ekstrak teh hitam yang belum dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti melakukan inovasi produk dengan cara memodifikasi proses pembuatan untuk memperoleh es krim teh hitam yang sesuai dengan karakteristik yang dikehendaki. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal, yaitu waktu penyeduhan teh hitam yang terdiri dari enam perlakuan (5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit, 25 menit, dan 30 menit). Ulangan yang dilakukan sebanyak 4 kali. Parameter pengujian meliputi sifat fisikokimia (theaflavin – thearubigin, pH, overrun, dan laju leleh) dan organoleptik (warna, mouthfeel, dan rasa). Data yang diperoleh dari masing-masing pengujian tersebut kemudian dianalisa secara statistic menggunakan uji ANAVA pada α = 5% untuk mengetahui apakah perlakuan yang diberikan berpengaruh nyata terhadap parameter penelitian dan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (DMRT) pada α = 5% jika faktor perlakuan berpengaruh. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perbedaan waktu penyeduhan teh hitam berpengaruh nyata (α = 5%) terhadap pH, overrun, theaflavin-thearubigin, serta kesukaan panelis terhadap warna, mouthfeel, dan rasa. Sedangkan daya leleh es krim teh hitam mulai meleleh pada menit ke-30, dan es krim makin cepat meleleh seiring meningkatnya waktu penyeduhan teh hitam. Es krim teh hitam dengan waktu penyeduhan teh hitam selama 5 menit paling disukai oleh panelis dengan total skor 1.000 pada uji pembobotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: teh hitam, es krim, waktu penyeduhan.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 08:08
Last Modified: 19 May 2017 08:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item