Pengaruh konsentrasi kalsium laktat terhadap sifat fisikokimia rice paper berbahan baku Beras mentik wangi (Oryza sativa L. var. Mentik)

Sofiah, Vivin Indah (2017) Pengaruh konsentrasi kalsium laktat terhadap sifat fisikokimia rice paper berbahan baku Beras mentik wangi (Oryza sativa L. var. Mentik). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V - DAPUS.pdf

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
5 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rice paper merupakan produk makanan berbasis beras yang populer di berbagai Negara Asia. Rice paper adalah produk diversifikasi beras berbentuk lembaran yang dapat digulung dan diisi dengan berbagai isian. Karakteristik dari rice paper yang diharapkan yaitu lembarannya tipis, berwarna putih transparan, dan memiliki elastisitas tinggi setelah direhidrasi. Varietas beras yang digunakan pada penelitian ini adalah mentik wangi. Berdasarkan penelitian pendahuluan, rice paper yang terbuat dari adonan beras saja memiliki karakteristik yang kurang elastis dan mudah hancur setelah proses rehidrasi sehingga perlu ditambahkan kalsium laktat. Kalsium laktat merupakan bahan tambahan pangan yang tidak memberikan rasa pahit dan off flavor, berfungsi sebagai pembentuk tekstur, penstabil, pengemulsi serta pengental. Ion kalsium akan berikatan dengan pati pada beras membentuk struktur egg box yang mampu mengikat air sehingga air bebas pada produk rice paper berkurang dan berperan positif dalam retensi air. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kalsium laktat terhadap sifat fisikokimia dari rice paper. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) non faktorial. Faktor yang diteliti yaitu konsentrasi kalsium laktat yang terdiri dari tujuh taraf perlakuan berupa 0% (b/b); 0,5% (b/b); 1% (b/b); 1,5% (b/b); 2,0 % (b/b); 2,5% (b/b); 3,0% (b/b), dengan ulangan sebanyak empat kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi kalsium laktat memberikan pengaruh terhadap karakteristik fisikokimia rice paper. Kadar air dan αw rice paper mengalami penurunan sedangkan daya rehidrasinya meningkat seiring dengan konsentrasi kalsium laktat yang semakin meningkat. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan yang terbaik adalah penambahan konsentrasi kalsium laktat sebesar 2,5% (b/b) dengan kadar air 12,63%, αw 0,69 dan daya rehidrasi 186,22%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Rice paper, beras mentik, kalsium laktat
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4171 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 03:34
Last Modified: 30 May 2017 03:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item