Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley

Widyastuti, Theresia Endang W., Srianta, Ignatius and Lestari, Lily Arsanti (2008) Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley. Tepung Pepaya (Carica pepaya) sebagai Pencegah Konstipari: Kajian In Vivo pada Caecun dan Feses Tikus Sprague Dawley, 7 (1). pp. 76-83. ISSN 1412-5986

[thumbnail of Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley] Text (Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley)
JURNAL OBAT BAHAN ALAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley-peer review] Text (Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi: Kajian In Vivo pada Caecum dan Feses Tikus Sprague Dawley-peer review)
PEER REVIEW 1& 2 - Tepung Pepaya (Carica papaya) sebagai Pencegah Konstipasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

: Pepaya dikenal masyarakat sebagai buah yang dapat mcmbantll mengalasi konstipasi karena bersifallaksalif. namun masih diperlllkan penjelasan ilmiah mengellai hal lersebut. Penelilian ini mempciajari efek laksatif tepung pepaya Meksiko matang dan Thailand mengkal pada tikus Sprague Dawle}" khusllsllya dengan mengamati digesta caecum (berat, Icadar air, massa mikroflord, pH dan shorl elw illfalt), acid) dan feses tikus (berat. "olumedan kadarair) . Sebanyak 50 ekortikus SD dibagi menjadi lima kelompok secara acak. Satn kelompok dibcri pakan smndar (K) , dna kelompok diberi pakan yang menga ndullg masillg-masing tepung pepaya (PM dan PT). dan dna kelompok yang lain diberi pakall yang IllcngaJldung serat paJlgan mumi sempa serat pada pepaya Meksiko dan Thailand (LM dan LT), selama 10 hari. Tepung pepaya mampu mencegah kOJlStipasi, teriJllkti dari sifat laksatif tepung pepaya Mekstko matang dan Thailand mcngkal yang berbeda. nyata dengan slandar. Hal tersebut disebabkan residu !Jakan pepaya terferrnentasi oleh mikroflora usus hingga menumnkan pH dan meningkatkan asam propionat dan asant butirat digesta caecum tikus, serta lebih memerangkap air dan bp.rsifat bulA)'. Tepung pepaya Thailand mengkal memberi efek laksatif yang berbeda dibandingkan tepung pepaya Meksiko matang, yaitu \'olume dan kadar air feses tikus SD yang lebih tinggi, nam:lII be rat feses dan profil digesla caecum (berat. kadar air, massa mikroflora, pH, shorl chain folly acid) tidak berbeda nyala.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tepung Pepaya, Konstipasi, Laksatip, Caecum, Feses
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 May 2017 08:05
Last Modified: 26 May 2017 08:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item