Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol

Kusumawati, Netty, Suprijono, Maria Matoetina and Srianta, Ignatius (2008) Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol. Prosiding Seminar Nasional Pangan 2008. pp. 101-108. ISSN 978-979-95554-4-1

[thumbnail of Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol] Text (Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol)
PROSIDING PATPI 2008_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol-peer review] Text (Kemampuan isolat bakteri asam laktat asal nira siwalan dalam menurunkan kolesterol-peer review)
PEER REVIEW 1& 2 - Kemampuan Isolat Bakteri Asam Laktat Asal Nira Siwalan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Dua belas galur bakteri asam laktat dari genus Lactobacilli yang diisolasi dari Nira Siwalan diuji potensinya sebagai kultur probiotik yang rneliputi ketahanannya dalarn asarn dan gararn ernpedu serta aktivitasnya untuk rnenurunkan kolesterol secara in vitro. Dari dua belas galur yang diuji, sebelas galur rnenunjukkan ketahanan yang cukup baik terhadap asarn dan gararn ernpedu dengan pc-nurunan jurnlah set dibanding kontrol kurang dari 2 log cfu/rnl. Lima galur yang rnenunjukkan i;c:ahaiian paling tinggi teihadap asatn dsn garani crnpzdu, diuji kernarnpuannya untuk rnenurunkan ko!esterol secara in vitro dan hasilnya rnenunjukk:~ bahv~ag alsr-galur tersebut rnempunyai aktivitas untuk rnenurunkan kolesterol dengan derajat yang bervariasi yang berkisar antara 1,213 sarnpai 118,45 pg/ml atau sebesar 0,18 sampai 17,81%. Loctobocillus Nira 4 dan Loctobocillus NiralO yang diisolasi dari nira siwalan meiniliki potensi untuk dikernbangkan rnenjadi kultur probiotik dengan lternarnpuan rnenurunkan kolesterol karena rnemiliki ketahanan yang tinggi terhadap asarn lambung dan garan empedu serta rnerniliki kemarnpuan yang besar untuk rnenurunkan kolestercl. Penurunan jumlah sel dari Locto!~ocilltis Nira4 dsn loctobocillus NiralO setelah kontak oengan asam dan gararn ernpedu berturat-turut 1,65 dan 0,42 log cfu/rnl sedangkan kernarnpuan untuk rnenurunkan kolesterol dari kedua galur tersebut berturut-turut 118,45 dan 86,85 pg/ml.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Loctobocillus, nira-siwalan, probiotik, kolesterol, asarn, ernpedu
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Proceeding > Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 29 May 2017 08:08
Last Modified: 29 May 2017 08:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item