Pola respirasi buah tomat (Lycopersicum esculentum) yang di-coating dengan gel lidah buaya (Aloe vera barbadensis Miller) selama penyimpanan

Sutanto, Felany (2017) Pola respirasi buah tomat (Lycopersicum esculentum) yang di-coating dengan gel lidah buaya (Aloe vera barbadensis Miller) selama penyimpanan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
A - Cover + Scan lembar + Abstrak.pdf

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1_Baru.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V + Dapus.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN A B C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract

Buah tomat merupakan buah klimakterik yang mudah mengalami kerusakan selama penyimpanan. Laju kerusakan buah dipengaruhi oleh proses respirasi. Umur simpan buah tomat berkisar tujuh hari pada penyimpanan di suhu kamar. Pemberian lapisan edible coating pada permukaan buah tomat dapat menghambat laju respirasi dan proses metabolisme buah sehingga kerusakan buah juga dapat dihambat. Bahan edible coating alami yang dapat digunakan adalah gel Aloe vera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan edible coating gel Aloe vera terhadap pola respirasi buah tomat selama penyimpanan. Faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah perbedaan bahan edible coating (gel Aloe vera 100% dan air) dan lama penyimpanan (0, 3, 6, 9, dan 12 hari). Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan rata-rata standar deviasi, kemudian dilanjutkan uji T-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pola respirasi antara buah tomat yang di-coating dengan buah tomat yang tidak di-coating. Penelitian ini dilakukan dengan pengulangan sebanyak tiga kali untuk setiap perlakuan. Pola respirasi buah tomat diamati dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada buah selama penyimpanan akibat proses respirasi, yaitu kadar air, susut berat, total asam, pH, dan total padatan terlarut. Penggunaan gel Aloe vera dapat menghambat proses respirasi buah tomat. Buah tomat yang diberi lapisan gel Aloe vera mengalami kehilangan air yang lebih rendah dengan susut bobot yang lebih kecil. Susut berat buah tomat coating dan non-coating¬ selama 12 hari penyimpanan berturut-turut adalah 7,62±1,33% dan 10,59±1,90%. Kadar air tomat coating dan non-coating¬ pada hari ke-12 berturut-turut adalah 94,24±0,29% dan 92,97±0,34%. Uji total asam, pH, dan TPT (Total Padatan Terlarut) menunjukkan buah tomat non-coating lebih cepat mengalami penurunan total asam, peningkatan pH, dan peningkatan jumlah TPT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Buah klimakterik, gel Aloe vera, edible coating, pola respirasi
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4182 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:59
Last Modified: 06 Jun 2017 02:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item