Pengaruh penggunaan gel lidah buaya (Aloe vera barbendesis miller) sebagai edible coating pada buah tomat terhadap aktivitas antioksidan selama penyimpanan

Renata, Michellia (2017) Pengaruh penggunaan gel lidah buaya (Aloe vera barbendesis miller) sebagai edible coating pada buah tomat terhadap aktivitas antioksidan selama penyimpanan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Buah tomat merupakan jenis buah klimakterik yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Pada buah tomat memiliki senyawa aktif yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebagai buah klimakterik tomat akan mengalami lonjakan respirasi dan masih terjadi aktivitas metabolisme setelah pemanenan, sehingga buah tomat mudah mengalami perubahan kualitas. Salah satu cara untuk meminimalkan terjadinya perubahan kualitas buah tomat adalah menggunakan metode pelapisan. Coating merupakan pemberian lapisan tipis pada permukaan buah untuk memberikan perlindungan dan meminimalkan kontak terhadap lingkungan luar bahan. Bahan yang dapat digunakan sebagai coating dapat bersumber dari gel Aloe vera yang diperoleh dari bagian dalam daun Aloe vera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh coating dari gel Aloe vera terhadap aktivitas antioksidan selama penyimpanan. Perlakuan yang diamati adalah buah tomat yang di coating dan tidak di coating pada penyimpanan 0, 3, 6 dan 9 hari. Percobaan ini menggunakan pengulangan sejumlah empat kali untuk setiap perlakuan. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji-t yang dinyatakan x ± SD. Parameter penelitian utama yang dilakukan yaitu aktivitas antioksidan yang meliputi total fenol, total flavonoid, kadar likopen, kemampuan menangkal radikal bebas metode DPPH, dan kemampuan mereduksi ion besi. Coating Aloe vera dapat meminimalkan perubahan aktivitas antioksidan, namun kurang maksimal. Hasil data menunjukkan bahwa kadar total fenol, total flavonoid, aktivitas antioksidan menangkal radikal bebas DPPH dan kemampuan mereduksi ion besi maksimal ada pada perlakuan tanpa coating hari ke-3 nilainya berturut-turut 5,88 ± 0,28 mg GAE/ g sampel; 0,86 ± 0,04 mg CE/ g sampel; 0,85 ± 0,06 mg GAE/ g sampel; 1,53 ± 0,19 mg GAE/ g sampel. Sedangkan untuk kadar likopen, pada kedua perlakuan mengalami peningkatan hingga hari ke-9 namun kadar tertinggi ada pada perlakuan tanpa coating dengan nilai sebesar 34,23 ± 0,25 mg/ kg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kualitas, buah tomat, coating, gel aloe vera, aktivitas antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4184 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:28
Last Modified: 02 Jun 2017 02:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item