Penggunaan edible coating gel lidah buaya terhadap perubahan warna, kekerasan, dan organoleptik buah tomat selama penyimpanan

Subagio, Febriana (2017) Penggunaan edible coating gel lidah buaya terhadap perubahan warna, kekerasan, dan organoleptik buah tomat selama penyimpanan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I .pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gel Aloe vera mengandung beberapa komponen bioaktif yang mampu menghambat kerusakan produk pangan dalam bentuk buah segar maupun olahan. Tomat merupakan buah klimakterik yang terus matang setelah panen. Edible coating dapat berpotensi untuk meningkatkan shelf life tomat karena edible coating dapat membentuk lapisan yang mampu berperan sebagai barrier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan edible coating gel Aloe vera terhadap perubahan warna, kekerasan, dan organoleptik buah tomat selama penyimpanan. Faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah perlakuan coating dan non coating serta lama penyimpanan (0, 3, 6, 9, dan 12 hari). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan standar deviasi dari perubahan perlakuan kondisi penyimpanan yang dibandingkan dengan buah fresh untuk melihat trend antara coating dan non coating kemudian dilanjutkan uji t-test untuk melihat perbedaan pola antara coating dan non coating. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Buah tomat yang diberi lapisan gel Aloe vera mengalami perubahan yang lebih kecil dibandingkan dengan buah tomat non coating dengan selisih nilai X °Hue antara penyimpanan hari ke-12 dan ke-0 adalah 7,43 dan 13,15. Selisih perubahan hardness untuk coating dan non coating hari ke-12 dengan hari ke-0 adalah 2,62 dan 3,2. Uji Organoleptik menggunakan perlakuan hari ke-0 dan ke-9, hal ini disebabkan pada hari ke-9 merupakan kondisi respirasi telah mencapai maksimal. Hasil Organoleptik menunjukkan perlakuan terbaik untuk warna adalah perlakuan non coating hari ke-9 sebab panelis lebih suka warna merah karena mencerminkan warna tomat yang matang, sedangkan untuk kilap, kenampakan kulit, dan kekerasan, panelis suka perlakuan hari ke-0. Hasil identifikasi aroma untuk tomat coating dan non coating hari ke-0 memiliki aroma floral sedangkan tomat coating dan non coating hari ke-9 memiliki aroma mature.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Aloe vera, tomat, edible coating
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4183 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:54
Last Modified: 05 Jun 2017 06:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item