Kecenderungan Perilaku Prososial dan Empati Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMP Manguni Surabaya

Levi Gita Art S (2013) Kecenderungan Perilaku Prososial dan Empati Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMP Manguni Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Empati adalah perasaan simpati dan perhatian terhadap orang lain,khususnya untuk berbagai pengalaman atau secara tidak langsusng merasakan penderitaan orang lain. Empati mulai berkembang pada masa remaja yang memasuki usia 10-12 tahun. Empati dapat menimbulkan perilaku menolong, perilaku menolong juga mengarahkan pada perilaku prososial. Perilaku prososial adalah tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suaru keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus yang menjadi sorotan utama, dengan jenjang usia 12-15 tahun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak hubungan antara empati dan kecenderungan perilaku prososial siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus di SMP Manguni Surabaya. Penelitian ini menggunakan 31 subjek siswa reguler di SMP Manguni Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling dengan pengolahan data Menggunakan statistik parametrik. Hasil pengolahan data menunjukan ada hubungan positif antara empati dan kecenderungan perilaku prososial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMP Manguni Surabaya dengan nilai signifikasi 0,001 ≤ α 0,05. Korelasi koefisien sebesar 0,894 dengan sumbangan efektif sebesar 79,9%. Berdasarkan hasil perhitungan antara jenis kelamin terdapat, 15 subjek laki-laki dengan persentase (48.4%) dan 16 subjek perempuan dengan persentase (51.6%). Hasil ini sesuai dengan faktor empati, berdasarkan jenis kelamin wanita mengekspresikan tingkat empati yang lebih tinggi daripada pria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Subjects: General > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Vincentius Widya Iswara
Date Deposited: 03 Sep 2014 08:26
Last Modified: 21 Nov 2014 07:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item