Formula tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (punica granatum) menggunakan kollicoat protect sebagai penyalut

Luke, Stefany (2017) Formula tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (punica granatum) menggunakan kollicoat protect sebagai penyalut. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kulit buah delima putih memiliki bermacam khasiat, salah satunya sebagai antimalaria. Penampilan tablet kulit buah delima putih yang kurang menarik, rasa pahit dan agak sepat dapat ditutupi dengan penyalutan lapis film menggunakan Kollicoat Protect. Ekstrak diperoleh dari Borobudur Extraction Centre. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan jenis pelarut yang digunakan dalam penyalut terhadap mutu fisik tablet serta mengetahui formula optimumnya. Tablet dibuat dengan menggunakan metode kempa langsung dimana massa tablet dikempa menjadi tablet inti, lalu disalut dengan menggunakan Kollicoat Protect. Optimasi penyalut dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 10.0. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, dan pertambahan bobot. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan konsentrasi Kollicoat Protect dapat meningkatkan pertambahan bobot dan mengurangi kerapuhan, tetapi memperlama waktu hancur dan mengurangi kekerasan, sementara jenis pelarut mampu meningkatkan pertambahan bobot dan meningkatkan kekerasan, dan mengurangi kerapuhan tetapi memperlama waktu hancur. Formula kombinasi optimum adalah Kollicoat Protect 13,6% dan kombinasi air : alkohol (1:0,863) (b/v) dengan perkiraan hasil uji mutu fisik yaitu pertambahan bobot 2,340%; kekerasan 7,950 kp; kerapuhan 0,022%;dan waktu hancur 20,938 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Punica granatum, tablet salut film, air, alkohol, Kollicoat Protect
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Stefany Luke
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:49
Last Modified: 11 Dec 2017 07:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item