Efektivitas sediaan Kurkumin-MSN terhadap perbaikan sel hepar tikus putih jantan yang diinduksi aloksan monohidrat dalam penanganan Diabetes mellitus

Sari, Damay Kartika (2017) Efektivitas sediaan Kurkumin-MSN terhadap perbaikan sel hepar tikus putih jantan yang diinduksi aloksan monohidrat dalam penanganan Diabetes mellitus. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Tanaman herbal banyak dimanfaatkan untuk obat tradisional salah satunya untuk penyakit hati, contohnya dari golongan kurkuma yaitu kunyit. Manfaat kunyit mencegah terjadinya kerusakan hati, antioksidan mampu menangkal senyawa radikal bebas dengan zat aktif adalah kurkumin yang mampu melindungi liver. Pada penelitian sebelumnya kurkumin yang diberikan secara oral dilaporkan memiliki kadar yang rendah di serum dan jaringan, metabolisme, dan eliminasi yang cepat disebabkan oleh kelarutan kurkumin yang buruk, sehingga pada penelitian ini diperlukan bahan pembawa yaitu Mesoporous Silica Nanopartikel (MSN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak kurkumin dengan dosis 100 mg/70 kgBB dari tanaman kunyit (Curcuma longa) dan kurkumin-MSN dengan dosis 100 mg/70kgBB secara oral dapat memberikan perbaikan pada sel hepar tikus putih jantan yang diinduksi Aloksan Monohidrat 110 mg/kgBB (im). Tikus wistar jantan sebanyak 25 ekor dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kontrol negatif, kontrol positif, Kurkumin-MSN 100 mg/70 kgBB, kurkumin 100 mg/70 kgBB, dan MSN diberikan selama 7 hari secara oral. Analisis menggunakan data jumlah sel yang mengalami nekrosis dan degenerasi sel. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan Uji One Way Anova dan dilanjutkan dengan analisis Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase perbaikannya pada Kurkumin-MSN dosis 100 mg/ KgBB sebesar 0,081% dan Ekstrak Kurkumin dosis 100 mg/70 KgBB sebesar 0,151%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Kurkumin, Kurkumin-MSN, gambaran mikroskopis hepar
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Damay Kartika Sari
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:59
Last Modified: 15 Feb 2018 06:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item