Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan metode HEdPERF dan TRIZ

Puspita, Indriani Ayu (2017) Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan metode HEdPERF dan TRIZ. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (807kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab I.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Kualitas pelayanan suatu pendidikan menjadi salah satu indikasi citra suatu institusi. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui presepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya berdasarkan 5 dimensi HEdPERF (non-academic, academic, reputation, access dan program issues), mengetahui dimensi HEdPERF apa yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dan variabel apa saja yang perlu dilakukan perbaikan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh nyata kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan, Traffic Light System untuk mengetahui variabel apa saja yang perlu diperbaiki, setelah diketahui variabel yang perlu perbaikan, selanjutnya dianalisa dengan metode TRIZ untuk menemukan solusi inovative. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan pendidikan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya adalah cukup puas dengan jumlah responden 55 dari total responden 100, sedangkan bedasarkan analisa dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh nyata antara kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan dengan nilai factor loading bernilai positif yakni 1.02. hasil yang didapatkan dari analisa TRIZ terdapat 8 variabel dari 36 variabel yang tergolong dalam kategori kuning atau perlu ditingkatkan. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan, dan hasil yang didapatkan diantaranya perlunya peninjauan ulang SOP dan waktu baku pengerjaan untuk staff non akademik, pembuatan SOP mentoring dan program tentir untuk meningkatkan kepedulian dosen terhadap akademik mahasiswa, pengecekan dan perawatan secara periodik untuk fasilitas akademik, perluasan program kerja organisasi mahasiswa yang banyak melibatkan pihak eksternal, serta penambahan fasilitas kritik dan saran untuk mempermudah mahasiswa dalam memberi masukan kepada pihak Universitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Jasa pendidikan, HEdPERF, SEM, TRIZ
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Indriani Ayu Puspita
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:33
Last Modified: 17 Jul 2017 06:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item