Antiangiogenesis Ekstrak Biji Nigella sativa Terhadap Jumlah Pembuluh Darah Membran Korioalantois Telur Ayam Berembrio Terinduksi bFGF Secara Makroskopis dan Mikroskopis

Malutama, Erdi (2017) Antiangiogenesis Ekstrak Biji Nigella sativa Terhadap Jumlah Pembuluh Darah Membran Korioalantois Telur Ayam Berembrio Terinduksi bFGF Secara Makroskopis dan Mikroskopis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kanker merupakan pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel kanker membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang sehingga merangsang pengeluaran zat pertumbuhan yang disebut angiogenesis. Biji jintan hitam mengandung timokuinon yang mampu meningkatkan ekspresi gen-gen aktivator apoptosis sehingga sel kanker mengalami kematian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antiangiogenesis ekstrak etanol biji jintan hitam pada membran korioalantois telur ayam berembrio melalui pengamatan makroskopis dan mikroskopis jumlah pembuluh darah dan mengetahui dosis optimal dalam menimbulkan aktivitas antiangiogenesis. Pada penelitian ini terdapat 6 kelompok yaitu kelompok I (bFGF 60 ng dan Tris-HCl), kelompok II (Tris-HCl dan DMSO 5 %), kelompok III (bFGF 60 ng dan ekstrak dosis 75 μg), kelompok IV (bFGF 60 ng dan ekstrak dosis 90 μg), kelompok V (bFGF 60 ng dan ekstrak dosis 110 μg) dan kelompok VI (bFGF 60 ng dan celecoxib 60 mg). Telur ayam berembrio yang sudah diberi perlakuan kemudian dihitung jumlah pembuluh darah baru pada membran korioalantois. Hasil penelitian menunjukkan rerata pertumbuhan jumlah pembuluh darah baru terendah secara makroskopis pada kelompok V yaitu 0,50 ± 0,577 dan mikroskopis pada kelompok V yaitu 25,75 ± 4,573. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya aktivitas antiangiogenesis pada membran korioalantois setelah pemberian ekstrak etanol biji jintan hitam dosis 75 µg, 90 µg, 110 µg dan diperoleh dosis optimal yaitu 75 µg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Antiangiogenesis, Nigella sativa, Pembuluh Darah, Membran Korioalantois.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Erdi Malutama
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:56
Last Modified: 24 Jul 2017 03:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item