Penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis kelas XI IPA 2 SMA Hangtuah 4 Surabaya

Fitriani, Dian (2017) Penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis kelas XI IPA 2 SMA Hangtuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.ABSTRAK Repository.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2.BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
6.BAB V_18.Daftar pustaka.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
7.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Hangtuah 4 Surabaya diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 masih tergolong rendah. Nilai rata-rata ulangan Fisika siswa adalah 57,78 dengan prosentase ketuntasan 13,89%. Penyebab hasil belajar siswa yang rendah yaitu siswa sering mengobrol dengan teman sebangku, ramai, dan melamun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 2. Metode penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran langsung berbantuan media komputer pada pokok bahasan fluida statis dipilih untuk menyelesaikan permasalahan dikelas XI IPA 2. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1 pertemuan 1 diadakan pre test diperoleh nilai rata-rata yaitu 39,17 dengan prosentase ketuntasan 8,33%. Pada pertemuan 2 diadakan post test diperoleh nilai rata-rata 81,39 dengan prosentase ketuntasan 69,44%. PTK dilanjutkan pada siklus II karena prosentase ketuntasan siswa belum memenuhi indikator. Pada siklus II pertemuan 1 diadakan pre test diperoleh nilai rata-rata yaitu 49,18 dengan prosentase ketuntasan 16,67%. Pada pertemuan 2 diadakan post test diperoleh diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 91,81 dengan prosentase ketuntasan 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran langsung berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: PTK, Pembelajaran langsung, Pre test, Post test, Fluida statis, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Dian Fitriani
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:27
Last Modified: 20 Jul 2017 10:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item