Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan crospovidone sebagai penghancur

Oktavianus, Daniel (2017) Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan crospovidone sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Daun Sirsak (Annona muricata L) merupakan salah satu tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai penurun kadar asam urat. Tujuan penelitian untuk mendapatkan formula optimum tablet ekstrak daun sirsak yang memenuhi persyaratan dengan metode factorial design 2 faktor dan 2 level yaitu konsentrasi PVP K-30 (1% sebagai tingkat rendah dan 3% sebagai tingkat tinggi) dan konsentrasi crospovidone (3% sebagai tingkat rendah dan 5% sebagai tingkat tinggi), menentukan pengaruh konsentrasi PVP K-30 sebagai pengikat dan crospovidone sebagai penghancur dan interaksinya terhadap mutu fisik tablet. Metode granulasi basah dipilih untuk membuat tablet. Dosis tablet yang digunakan adalah 100 mg ekstrak per 300 mg tablet. Respon yang dilihat untuk mendapatkan formula optimum adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur tablet. Konsentrasi PVP K-30 mampu signifikan menurunkan kerapuhan dan waktu hancur tablet. Konsentrasi crospovidone mampu signifikan menurunkan kerapuhan dan meningkatkan waktu hancur tablet. Interaksi antara PVP K-30 dan crospovidone mampu signifikan meningkatkan waktu hancur tablet. Formula optimum terpilih konsentrasi PVP K-30 1,23 % sebagai pengikat dan konsentrasi crospovidone 4,65 % sebagai penghancur dengan prediksi sifat mutu fisik tablet yaitu kekerasan 4,42 kp, kerapuhan 0,23 %, dan waktu hancur 20,04 menit, sedangkan hasil penelitian diperoleh kekerasan 4,57 kp, kerapuhan 0,15 % dan waktu hancur tablet 14,35 menit, terdapat perbedaan bermakna pada waktu hancur tablet teoritis dan penelitian, sedangkan tidak ada perbedaan bermakna pada kekerasan dan kerapuhan tablet teoritis dan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: optimasi, tablet, ekstrak sirsak, PVP K-30, crospovidone
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Daniel Oktavianus
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:56
Last Modified: 26 Oct 2017 05:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11426

Actions (login required)

View Item View Item