Pengembangan perangkat pembelajaran Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan fluida statis

Bio, Ambrosius Martinho Vas (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan fluida statis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (827kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Fisika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep. Hal ini membuat guru merancang proses pembelajaran yang mengarah pada penguasaan konsep Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Santa Maria Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Lembar Kegiatan Siswa untuk Guru (LKSG) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dengan hasil baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 32 siswa kelas XI-IPA 2 SMA Santa Maria Surabaya dengan hasil keterampilan proses sains yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini telah terlaksana dengan baik karena dalam proses pembelajaran seluruh aspek dalam RPP terlaksana dengan sangat baik yaitu 83,33%, keterampilan proses sains siswa 2,92 dapat terlatih dengan baik dan ditunjukkan dengan siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu rata-rata N-Gain berkategori sedang 0,64 serta 81,25% siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Fluida Statis, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ambrosius Martiako Vas Bio
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:28
Last Modified: 20 Jul 2017 10:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11440

Actions (login required)

View Item View Item