Penerapan model kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA SMAK Santo Thomas Aquino Mojokerto

Wilujeng, Paulina Arti (2017) Penerapan model kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA SMAK Santo Thomas Aquino Mojokerto. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPA SMAK Santo Thomas Aquino Mojokerto, diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang serius belajar saat mengikuiti pelajaran fisika. Siswa sibuk berdiskusi tentang hal-hal lain yang bukan merupakan materi dari pelajaran fisika sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Keaktifan siswa dalam pelajaran fisika cukup rendah dan tidak merata karena yang mengemukakan pendapat di kelas hanya didominasi oleh beberapa siswa saja. Hasil Ujian Tengah Semester mata pelajaran fisika menunjukkan nilai rata-rata kelas 48 dengan prosentase ketuntasan 7,7%. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) pada pokok bahasan fluida statis. Prosedur penelitian berbentuk siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus I didapatkan prosentase keterlaksanaan RPP 89,9%, prosentase keaktifan siswa sebesar 76,93%, ketuntasan siswa sebesar 57,7%, dan nilai rata-rata siswa 76,1. Pada akhir siklus II didapatkan prosentase keterlaksanaan RPP 96,5%, prosentase keaktifan siswa sebesar 89,9%, ketuntasan siswa sebesar 88,5%, dan nilai rata-rata siswa 83,6. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Kooperatif, SNH, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Paulina Arti Wilujeng
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:22
Last Modified: 20 Jul 2017 10:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item