Studi pelaksanaan standar pelayanan kearmasian menurut Permenkes No. 35 tahun 2014 pada Apotek jaringan di Wilayah Surabaya Timur

Jik, Dafrosa Adventis Ranung (2017) Studi pelaksanaan standar pelayanan kearmasian menurut Permenkes No. 35 tahun 2014 pada Apotek jaringan di Wilayah Surabaya Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1 prooposal ibu dian.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2 proposal ibu dian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3 ibu dian proposal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 SKRIPSI FIX DAFRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1 (A5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy

Abstract

Standar pelayanan kefarmasian sangat diperlukan dalam menjalankan suatu apotek. Jika suatu apotek tidak menggunakan standar pelayaann kefarmasian dalam apotek maka tidak akan tercapai derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pelayanan kefarmasian pada Apotek Jaringan di wilayah Surabaya Timur sudah memenuhi standar pelayanan kefarmasian menurut Permenkes No.35 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di apotek.Penelitian ini termasuk jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dari 18 responden melalui pengisian kuesioner pada bulan Maret sampai Juni 2017. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data dikumpulkan dari 18 responden melalui pengisian kuesioner pada bulan Maret sampai Juni 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Apoteker di apotek jaringan di Wilayah Surabaya Timur telah melaksanakan 3 parameter tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di apotek berdasarkan Permenkes Nomor 35 Tahun 2014 yaitu Pelayanan Manajerial dengan persentase sebesar 92,16 % (kategori sangat baik), dikuti Pelayanan Farmasi Klinis persentase sebesar 90,16% (kategori baik), dan yang terakhir Sumber Daya Kefarmasian persentase sebesar 86,67% (kategori baik) secara menyeluruh dan sudah memenuhi dengan persentase total sebesar 89,66% dan dikategorikan sangat baik. Kesimpulan menunjukkan bahwa Standar Pelayanan Kefarmasian menurut Permenkes Nomor 35 Tahun 2014 di apotek Jaringan Wilayah Surabaya Timur sudah dilaksanakan dengan baik oleh Apoteker Pengelola Apotek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Kefarmasian, Permenkes RI Nomor 35 tahun 2014, Apotek Jaringan, Surabaya Timur
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Dafrosa Adventis Ranung
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:32
Last Modified: 30 Nov 2017 02:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item