Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan impuls dan momentum di kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Astutik, Yeni (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan impuls dan momentum di kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholik University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak(upload).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (1).pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya ditemukan bahwa keaktifan dan hasil belajar fisika kelas X MIA 1 masih rendah. nilai rata-rata ulangan harian fisika adalah 59,88 dengan prosentase ketuntasan siswa 20%, Hal ini disebabkan oleh siswa kurang termotivasi dalam mempelajari fisika dan menganggap pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit. Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung beberapa siswa sering berbicara dengan temannya, dan beberapa siswa melakukan aktivitas yang lain, sehingga siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas X MIA 1. Ketercapaian tujuan ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CRH. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan jumlah 35 siswa. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa adalah 80 %, sedangkan nilai rata-rata kelas adalah 65,28 dengan prosentase ketuntasan 51,43 %. Pada siklus II prosentase keaktifan siswa adalah 85,71 %, sedangkan nilai rata-rata kelas 83,48 denganprosentase ketuntasan 77,78 %. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran CRH, Peningkatan keaktifan dan hasil belajar, Impuls dan momentum
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Yeni Astutik
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:46
Last Modified: 28 Jul 2017 02:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item