Optimasi formula tablet ekstrak air kering daun jati Belanda menggunakan kombinasi ac-di-sol sebagai penghancur dan PVP K-30 sebagai pengikat

Widyastuti, Eunike Putri (2017) Optimasi formula tablet ekstrak air kering daun jati Belanda menggunakan kombinasi ac-di-sol sebagai penghancur dan PVP K-30 sebagai pengikat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Daun Jati Belanda (Guazuma ulmifolia L.) adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dengan senyawa aktif berkhasiat yaitu tanin dan musilago. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi pengikat PVP K-30 dan penghancur Ac-Di-Sol serta mengetahui formula optimum pada sediaan farmasi berupa tablet khususnya terhadap sifat fisik tablet. Tablet dibuat menggunakan metode granulasi basah. Hasil uji tablet kemudian dilakukan analisis statistik dengan independent t test untuk perbedaan antar bets dan one way ANOVA untuk perbedaan antar formula yang dilanjutkan dengan uji post-hoc HSD (Honestly Significant Difference). Optimasi terhadap kombinasi antara pengikat dan penghancur menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 10.0 yang terdiri dari faktor A berupa PVP K-30 dengan level (-1) yaitu 0,5% dan level (+1) yaitu 2%, dan faktor B berupa Ac-Di-Sol dengan level (-1) yaitu 2% dan level (+1) yaitu 4%. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PVP K-30 dapat meningkatkan kekerasan dan menurunkan kerapuhan, selain itu juga dapat memperlama waktu hancur tablet. Ac-Di-Sol menurunkan kekerasan, meningkatkan kerapuhan dan dapat mempercepat waktu hancur tablet. Interaksi kedua faktor yaitu PVP K-30 dan Ac-Di-Sol memberikan pengaruh signifikan dengan nilai F hitung > F tabel terhadap respon kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet. Formula optimum kombinasi konsentrasi pengikat PVP K-30 dan konsentrasi penghancur Ac-Di-Sol adalah 1,31% dan 3,34% dengan perkiraan hasil uji mutu fisik kekerasan 5,81Kgf; kerapuhan 0,41; dan waktu hancur 17,49 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ac-Di-Sol, Guazuma ulmifolia L., PVP K-30, Tablet, Tanin
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Eunike Putri W.
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:36
Last Modified: 01 Aug 2017 08:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item