Analisis perencanaan pajak penghasilan 21 PT X di Surabaya tahun 2016

Carolina, Novia (2017) Analisis perencanaan pajak penghasilan 21 PT X di Surabaya tahun 2016. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Business, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu penghasilan terbesar Negara Indonesia. Bagi perusahaan, pajak adalah suatu kewajiban perusahaan untuk membayar kepada negara sesuai dengan penghasilan yang diperoleh pada periode atau masa tertentu. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 adalah pajak yang dikenakan terhadap subjek pajak atas penghasilan yang diterima atau diperolehnya dalam satu tahun pajak. Kegiatan magang dilakukan di Kantor Konsultan Pajak (KKP) Pentatrust, Surabaya. Objek magang untuk penulisan tugas akhir ini adalah PT X yang merupakan salah satu klien dari KKP Pentatrust di bidang perdagangan sparepart di Surabaya. Tujuan dari kegiatan magang ini adalah membantu PT X dalam menentukan perencanaan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 yang tepat untuk diterapkan di PT X. Perencanaan pajak yang dianalisis, yaitu Net Basis, Gross Method, Metode Tunjangan Pajak, dan Gross Up Method. Metode yang digunakan oleh PT X selama ini adalah metode Net Basis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan Gross Up Method pada PT X akan memberikan penghematan pajak yang paling besar dibanding dengan metode perencanaan pajak yang lainnya. Penerapan Gross Up Method dalam perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 mengakibatkan take home pay karyawan maksimal sehingga pengeluaran perusahaan menjadi lebih besar dan laba bersih sebelum pajak menurun. Hal tersebut menyebabkan Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang ditanggung perusahaan menjadi lebih kecil.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perencanaan pajak , PPh Pasal 21 , gross up method
Subjects: Business > Accounting Diploma
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Novia Carolina
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:28
Last Modified: 28 Jul 2017 02:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item