Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan (Studi kasus UMKM di Lumajang)

Simbolon, Melisa (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan (Studi kasus UMKM di Lumajang). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak seperti pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, kesadaran untuk melakukan kewajibannya yaitu membayar pajak. Kewajiban dalam membayar pajak merupakan perilaku wajib pajak berupa pandangan atau perasaan yang melibatkan pengetahuan, keyakinan, dan kecenderungan untuk bertindak sesuai peraturan yang diberikan oleh sistem dan ketentuan pajak tersebut. Rasio kepatuhan wajib pajak khususnya pengusaha UMKM di wilayah Kantor Pelayanan Pajak di Lumajang, jumlah wajib pajak yang melaporkan SPT belum pernah mencapai target yang diharapkan untuk masing-masing wilayah Kantor Pelayanan Pajak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat indikasi perilaku ketidakpatuhan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran membayar pajak, sanksi perpajakan, pengetahuan tentang peraturan perpajakan, persepsi efektivitas sistem perpajakan, dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan enam variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah 9.721 WPOP khususnya pengusaha UMKM di Lumajang dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 wajib pajak orang pribadi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh, maka peneliti mengambil beberapa kesimpulan bahwa Kesadaran akan pentingnya membayar pajak, Sanksi perpajakan, Pengetahuan tentang peraturan perpajakan, Persepsi Efektivitas Sistem Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Fiskus berpengaruh terhadap kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi Efektivitas Sistem Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan Dalam Kewajiban Perpajakan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4502 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:22
Last Modified: 02 Nov 2017 03:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item