Wijaya, Adi Setyo (2017) Analisis pengendalian internal pada siklus pembelian garam rakyat (Studi Praktik Kerja pada PT. Garam (Persero)). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (684kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (79kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (124kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pengendalian internal bermanfaat dalam kegiatan operasional suatu perusahaan. Fungsi dari pengendalian internal sebagai alat untuk mencapai tujuan dasar dari perusahaan yang dicantumkan dalam visi dan misi perusahaan. Penerapan pengendalian internal dapat dilihat dari adanya penggunaan lima komponen pengendalian yang meliputi lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktifitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Perusahaan menggunakan pengendalian internal dalam melakukan kegiatan operasional secara efektif dan efisien untuk mendeteksi dini kesalahan-kesalahan dan mencegah kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Pada siklus pembelian khususnya pengendalian internal perlu diterapkan secara baik, dikarenakan siklus pembelian merupakan salah satu siklus yang menggunakan aset perusahaan berupa kas dan penggunaannya harus diawasi secara ketat. PT. Garam (Persero) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang produksi dan pemasaran garam telah menerapkan pengendalian internal. Ditunjukan dengan penggunaan Prosedur Operasional Standar (POS). Penggunaan Prosedur Operasional Standar (POS) ini terdapat masalah-masalah yang timbul dikarenakan kurangnya diterapkannya fungsi dari beberapa bagian yang ada di perusahaan khususnya pada siklus pembelian garam rakyat. Siklus ini merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan harga garam rakyat di pasaran. Masalah yang ada pada siklus pembelian garam rakyat ini dapat diatasi dengan meningkatkan beberapa fungsi dari bagian yang ada pada saat ini selain itu dengan mengubah proses yang ada pada saat ini yang dahulunya penagihan dilakukan pada kantor pusat menjadi penagihan dilakukan pada wilayah tempat perusahaan melakukan pembelian serta melakukan pembaruan terhadap Prosedur Operasional Standar (POS) pembelian garam rakyat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Internal, Siklus Pembelian |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Adi Setyo Wijaya |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:51 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 04:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11681 |
Actions (login required)
View Item |