Pengaruh penerbitan opini audit going concern dan pergantian manajemen terhadap pergantian auditor dimoderasi oleh karakteristik komite audit

Awalian, Yunike Dwi (2017) Pengaruh penerbitan opini audit going concern dan pergantian manajemen terhadap pergantian auditor dimoderasi oleh karakteristik komite audit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Opini modifikasi going concern dinyatakan auditor saat menemukan keraguan akan kemampuan klien untuk memiliki kelangsungan usaha. Penerbitan opini audit going concern akan membuat manajemen cenderung mengganti auditornya karena tidak memperoleh opini yang sesuai dengan harapan perusahaan, yaitu opini wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion). Pergantian manajemen dalam perusahaan dapat diikuti oleh pergantian auditor karena auditor dituntut untuk mengikuti kehendak manajemen, contohnya kebijakan akuntansi yang dipakai oleh manajemen. Komite audit dibentuk oleh Dewan Komisaris untuk membantu komisaris dalam melakukan pengawasan terhadap pelaporan keuangan perusahaan dan memberikan rekomendasi dalam penunjukan auditor independen. Peran dan karakteristik komite audit diharapkan mampu menurunkan kecenderungan manajemen untuk melakukan pergantian auditor, ketika auditor menerbitkan opini audit going concern dan saat terjadi pergantian manajemen dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan bukti secara empiris apakah opini audit going concern dan pergantian manajemen berpengaruh terhadap pergantian auditor, (2) memberikan bukti secara empiris bahwa karakteristik komite audit yaitu independensi komite audit, komite audit yang memiliki keahlian akuntansi dan keuangan mampu memoderasi pengaruh opini audit going concern dan pergantian manajemen terhadap pergantian auditor. Penelitian ini menggunakan sampel 21 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2013-2015 dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) opini audit going concern dan pergantian manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap pergantian auditor, (2) karakteristik komite audit tidak mampu memoderasi pengaruh opini audit going concern dan pergantian manajemen terhadap pergantian auditor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, pergantian manajemen, pergantian auditor, komite audit
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yunike Dwi Awalian
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:47
Last Modified: 27 Jul 2017 06:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

View Item View Item