Analisis dan perancangan standard operating procedure (SOP) siklus penjualan dalam rangka meningkatkan aktivitas pengendalian perusahaan (Studi kasus di PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah)

Sari, Debora Octaviana (2017) Analisis dan perancangan standard operating procedure (SOP) siklus penjualan dalam rangka meningkatkan aktivitas pengendalian perusahaan (Studi kasus di PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi mempunyai peran yang penting bagi perusahaan guna menghasilkan informasi yang akurat. Salah satu kegiatan perusahaan yang membutuhkan sistem informasi adalah aktivitas penjualan. Dalam mewujudkan operasi perusahaan yang efektif dan efisien, dibutuhkan pula pengendalian internal yang tepat. Salah satu komponen yang berperan penting dalam meningkatkan pengendalian internal, yaitu adanya Standard Operating Procedure (SOP) yang menggambarkan prosedur kerja dan pedoman yang digunakan untuk mengatur setiap tugas karyawan di dalam perusahaan. Perusahaan memerlukan SOP yang dibakukan agar karyawan dapat memahami serta menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan prosedur perusahaan, sehingga dapat meminimalkan kesalahan operasional dan meningkatkan pengendalian internal perusahaan. . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal dan merancang Standard Operating Procedure (SOP) siklus penjualan pada perusahaan. Jenis penelitian yang dilakukan berupa studi kasus pada PT Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah yang merupakan industri pembuatan cat. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan sumber data berasal dari sumber internal perusahaan yang diperoleh melalui hasil wawancara dengan pihak perusahaan. Terdapat beberapa permasalahan terkait siklus penjualan, diantaranya adalah adanya tumpang tindih dalam pembagian tugas, serta format isi dokumen yang kurang jelas. Pengendalian internal pada perusahaan juga memiliki kekurangan dalam hal pemisahan tugas, otorisasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perancangan standard operating procedure (SOP) siklus penjualan. Dengan adanya SOP diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi serta meningkatkan pengendalian internal perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, penjualan, pengendalian internal.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Debora Octaviana Sari
Date Deposited: 28 Jul 2017 05:41
Last Modified: 31 Jul 2017 14:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item