Pengaruh perbedaan kelompok level daun terhadap sifat fisikokimia minuman seduhan daun kelor (Moringa Oleifera L.)

Saragih, Veronica Margareth (2017) Pengaruh perbedaan kelompok level daun terhadap sifat fisikokimia minuman seduhan daun kelor (Moringa Oleifera L.). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Moringa oleifera Lam atau tanaman kelor merupakan tumbuhan asli sub-Himalaya dan banyak digunakan oleh penduduk Roma, Mesir, dan Yunani sebagai obat dan makanan. Tanaman kelor telah digunakan untuk mengatasi malnutrisi karena tanaman kelor kaya akan nutrisi. Penelitian ini dilakukan leveling atau pengelompokan daun kelor menjadi tiga kelompok level yaitu kelompok level pertama dilakukan pemetikan pada daun 1-3, kelompok level kedua dilakukan pemetikan pada daun 4-6, dan kelompok level yang ketiga dilakukan pemetikan pada daun >6, hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan level daun tanaman kelor terhadap sifat fisikokimia dari minuman seduhan daun kelor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah analisa Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan satu faktor, yaitu kelompok level daun kelor dengan menggunakan uji ANOVA untuk mengetahui ada tidaknya beda nyata dari ketiga level, jika hasil menunjukkan ada beda signifikan dilanjutkan dengan uji (Duncan’s Multiple Range Test) DMRT.Faktor kelompok level daun kelor terdiri atas tiga kelompok level yaitu kelompok level 1 terdiri dari ruas daun 1-3, kelompok level 2 terdiri dari ruas daun 4-6, dan kelompok level 3 terdiri dari ruas >6. Pengulangan pada percobaan dilakukan sebanyak lima kali. Parameter yang diuji meliputi fisikokimia (kekeruhan, pH, dan total asam) minuman seduhan daun kelor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan kelompok level daun kelor berpengaruh nyata pada sifat fisikokimia minuman seduhan daun kelor yang diuji. Nilai kekeruhan minuman seduhan daun kelor berkisar antara 12,67-24,04 NTU; parameter pH berkisar antara 7,01-7,37; dan total asam berkisar antara 2,25-5,06 mg ekivalen asam klorogenat/100 mL sampel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology: Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: Daun kelor, Kelompok Level , Fisikokimia
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Veronica Margareth S.
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:19
Last Modified: 28 Jul 2017 06:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item