Pengaruh proporsi teh hitam-stevia dan suhu penyimpanan terhadap aktivitas antidiabetik seduhan teh hitam-stevia dalam kemasan botol kaca

Natali, Lawono Feliciana (2017) Pengaruh proporsi teh hitam-stevia dan suhu penyimpanan terhadap aktivitas antidiabetik seduhan teh hitam-stevia dalam kemasan botol kaca. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Microsoft Word - 3. SKRIPSI TEH HITAM STEVIA-BAB I 12 Mei 2017.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
4. SKRIPSI TEH HITAM STEVIA-BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teh hitam merupakan minuman yang berasal dari seduhan pucuk daun teh yang telah melalui berbagai macam proses seperti pelayuan, pengecilan ukuran, dan fermentasi. Pengkonsumsian teh pada umumnya dilakukan penambahan gula pasir (sukrosa) sebagai pemanis yang jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat meningkatkan kadar gula darah yang mengakibatkan diabetes melitus. Salah satu pemanis yang dipilih adalah stevia. Stevia dipilih karena mengandung antioksidan yang diharapkan dapat menambah keefektivan aktivitas antioksidan dalam minuman teh hitam- stevia sehingga dapat berperan sebagai antidiabetik. Minuman teh hitam-stevia biasanya dikemas dalam botol kaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi teh hitam-stevia dan suhu penyimpanan terhadap aktivitas antidiabetik dalam minuman teh hitam stevia dalam kemasan botol kaca. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor, yaitu faktor proporsi teh hitam:stevia dan faktor suhu penyimpanan. Faktor proporsi teh hitam:stevia terdiri atas lima level, yaitu 0,88:0,12; 0,76:0,24; 0,64:0,36; 0,52:0,48; 0,40:0,60%(b/b), sedangkan suhu penyimpanan terdiri atas dua suhu, yaitu suhu refrigerator (6±2oC) dan suhu ruang (30±2oC) . Pengulangan pada percobaan ini dilakukan sebanyak tiga kali. Analisa minuman teh hitam-stevia yang dilakukan meliputi analisa penghambatan enzim alfa amilase dan enzim alfa glukosidase. Hasil analisa menunjukkan minuman teh hitam-stevia berpengaruh terhadap aktivitas antidiabetik (kemampuan menghambat enzim alfa amilase dan alfa glukosidase) dalam kemasan botol plastik. Penurunan kemampuan menghambat enzim alfa amilase pada suhu dingin sebesar 11,48-26,22%, sedangkan pada suhu ruang sebesar 21,60-30,55%. Penurunan kemampuan menghambat enzim alfa glukosidase pada suhu dingin sebesar 22,50-70,17%, sedangkan pada suhu ruang sebesar 21,15-81,70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Proporsi, teh hitam-stevia, suhu, penyimpanan, aktivitas antidiabetik, kemasan botol kaca
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Feliciana Natali Lawono
Date Deposited: 01 Aug 2017 02:07
Last Modified: 01 Aug 2017 02:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item