Isolasi dan karakterisasi fungi endofit yang mempunyai aktivitas antimikroba dari daun tanaman jarak tintir (Jatropha multifida L.) terhadap Staphylococcus aureus

Rahayu, Nufika Aprilia (2017) Isolasi dan karakterisasi fungi endofit yang mempunyai aktivitas antimikroba dari daun tanaman jarak tintir (Jatropha multifida L.) terhadap Staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Mikroba endofit adalah mikroba yang hidup dalam jaringan tanaman pada periode tertentu dan mampu hidup dengan membentuk koloni dalam jaringan tanaman tanpa membahayakan inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi, menguji aktivitas antibakteri dan mengkarakterisasi fungi endofit yang diperoleh dari daun tanaman Jarak tintir (Jatropha multifida L.). Dalam penelitian ini, proses isolasi dilakukan dengan cara menempelkan potongan daun tanaman Jarak Tintir yang telah disterilisasi permukaannya pada media Malt Extract Agar dan didapat 7 koloni murni fungi endofit. Uji aktivitas antibakteri dengan metode inokulasi langsung pada media Plate Count Agar yang telah di inokulasi oleh bakteri uji dan menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538 sebanyak 2 isolat (EJT1 dan EJT2) dengan rasio hambatan rata-rata 1,54±0,24 dan 1,75±0,19. Karakterisasi dilakukan pada 2 isolat yang meliputi pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia (uji hidrolisa amilum, uji hidrolisa kasein, uji hidrolisa lemak dan uji hidrolisa gelatin). Kedua fungi endofit tersebut dapat menghidrolisa amilum dan menghidrolisa lemak, sedangkan EJT1 hanya menghidirolisa gelatin. EJT1 dan EJT2 di duga merupakan genus Rhizopus dalam kelas Zygomycetes karena terdapat kolumela dan sporangiospora, sporangiospora, sporangiosfor, dan rhizoid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: fungi endofit, antibakteri, Jatropha multifida L., Staphylococcus aureus.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Nufika Aprilia Rahayu
Date Deposited: 04 Sep 2017 08:22
Last Modified: 20 Nov 2017 03:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item