Optimasi formula tablet ekstrak kering daun jati belanda menggunakan kombinasi starch 1500 sebagai pengikat dan crospovidone sebagai penghancur

Gunawan, Indra (2017) Optimasi formula tablet ekstrak kering daun jati belanda menggunakan kombinasi starch 1500 sebagai pengikat dan crospovidone sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Daun jati belanda (Guazuma ulmifolia L.) dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol khususnya menurunkan LDL. Tanin dan musilago merupakan komponen dalam daun jati belanda yang berperan untuk menurunkan kolesterol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh starch 1500 dengan crospovidone serta interaksinya terhadap mutu fisik tablet. Tablet dibuat menggunakan metode granulasi basah dengan cara granulasi campuran serbuk kemudian granul yang telah jadi diuji mutu fisik dan dikempa menjadi tablet. Optimasi dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 10.0 yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah Starch 1500 yang digunakan sebagai pengikat dengan level (+1) yaitu 3% dan level (-1) yaitu 1,5%, dan faktor kedua adalah crospovidone yang digunakan sebagai penghancur dengan level (+1) yaitu 5% dan level (-1) yaitu 2%. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil statistik untuk kekerasan nilai F hitung (6,423), kerapuhan (8,405) dan waktu hancur (2969,32) > Ftabel (2,66). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa starch 1500 berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekerasan, tetapi dapat memperlama waktu hancur tablet dan dapat menurunkan respon kerapuhan tablet, sedangkan crospovidone berpengaruh signifikan untuk menurunkan kekerasan, meningkatkan kerapuhan, serta mempercepat waktu hancur tablet. Interaksi kedua faktor memberikan pengaruh yang signifikan terhadap respon kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur. Formula kombinasi optimum adalah Starch 1500 2,22% dan crospovidone 3,54% dengan perkiraan hasil uji mutu fisik kekerasan 5,2Kgf; kerapuhan 0,643%; dan waktu hancur 11,54 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Guazuma ulmifolia L., tanin, tablet ekstrak daun jati belanda, starch 1500, crospovidone.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Indra Gunawan
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:18
Last Modified: 03 Aug 2018 06:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item