Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink buah naga merah (Hylocerus polyrhizus) dengan variasi konsentrasi karagenan

Muriana, Evi (2013) Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink buah naga merah (Hylocerus polyrhizus) dengan variasi konsentrasi karagenan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Buah naga merah memiliki umur simpan yang terbatas dan umumnya dikonsumsi sebagai buah segar dan sari buah. Pengolahan merupakan salah satu alternatif untuk memperpanjang umur simpan dan meningkatkan nilai guna buah naga seperti jelly drink. Jelly drink merupakan salah satu produk minuman yang berbentuk gel dan memiliki karakteristik berupa cairan kental yang konsisten serta mudah dihisap yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Gelling agent yang digunakan untuk pembuatan jelly drink buah naga merah adalah karagenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh konsentrasi karagenan terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drink buah naga merah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor dan enam taraf perlakuan yaitu konsentrasi karagenan (0,25%; 0,3%; 0,35%; 0,4%; 0,45; 0,5%) dengan 4 kali ulangan. Jelly drink buah naga merah dilakukan pengujian meliputi gel strength hari ke-1 penyimpanan, sineresis hari ke-3, 5 dan 7 penyimpanan, uji organoleptik (warna, daya hisap, rasa) pada hari ke-1 penyimpanan, total padatan terlarut (TPT) hari ke-1 dan pH hari ke-1 penyimpanan sebagai data pendukung. Semua data dianalisa secara statistik menggunakan uji ANOVA (Analysis of Variance) pada α = 5%, dan dilanjutkan menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap nilai pH, nilai TPT, % sineresis dan gel strength. Semakin tinggi konsentrasi karagenan, maka nilai pHdan nilai TPT semakin meningkat dan semakin kecil terjadinya sineresis, serta tekstur yang dihasilkan semakin kokoh. Peningkatan konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan warna, daya hisap dan rasa jelly drink buah naga merah dengan tingkat kesukaan warna berkisar antara 4,52-5,06 (agak suka), tingkat kesukaan daya hisap berkisar antara 3,38¬4,58 (netral-agak suka) dan tingkat kesukaan rasa berkisar antara 4,23-4,97 (netral-agak suka).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Buah naga merah, Jelly drink, Karagenan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:19
Last Modified: 10 Aug 2017 07:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item