Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah

Adhyatma, Made Dharmawan Rama (2015) Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah. In: Seminar Nasional Positive Psychology 2015 "Embracing A New Way of Life: Promoting Positive Psychology for a Better Mental Health", 12 Desember 2015, Surabaya, Jawa Timur.

[thumbnail of Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah]
Preview
Text (Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah)
Proceeding.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah-peer review] Text (Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah-peer review)
R1&2_Intervensi...pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah] Text (Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah)
2-p-Intervensi_Keterampilan_...Hasil Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Masa pra sekolah merupakan masa dimana anak mulai memiliki ketertarikan untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya, khususnya dengan teman sebaya. Namun bagaimana dengan anak pra sekolah yang mengalami keberbakatan? Dengan beberapa kelebihan termasuk intelektual, kemampuan verbal, serta kebutuhan mendapatkan pengetahuan yang tinggi, membuat mereka memiliki kecenderungan untuk lebih memilih berinteraksi dengan orang yang lebih dewasa. Hal ini yang terjadi pada subjek yang ditangani oleh penulis. Subyek memiliki kebutuhan akan pengetahuan yang sangat tinggi sehingga lebih menyukai interaksi dengan orang yang lebih dewasa dan menghambat interaksinya dengan teman sebaya. Permasalahan tersebut menjadi dasar penulis untuk memberikan intervensi sederhana terkait keterampilan sosial yang akan membantu subjek untuk lebih adaptif dalam berinteraksi dengan teman di sekolahnya. Intervensi diberikan untuk meningkatkan keterampilan sosial subyek berdasarkan empat dimensi keterampilan sosial anak pra sekolah dari Broadhead (2004) yang meliputi inisiatif beraktivitas bersama teman sebaya, bergabung dalam permainan, memelihara peran selama kegiatan bermain yang dilakukan, dan mampu mengatasi permasalahan interpersonal ketika bermain. Intervensi sendiri dilakukan dengan cara melibatkan subyek dalam permainan sederhana yang diikuti juga oleh teman sebayanya. Subjek adalah anak laki-laki berusia 6 tahun 1 bulan, memiliki kapasitas intelektual yang tergolong Very Superior Skala WISC dengan skor IQ = 140.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: intervensi, keterampilan sosial, anak berbakat, pra sekolah
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding > Faculty of Psychology
Depositing User: Made Dharmawan Rama Adhyatma
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:13
Last Modified: 14 Jun 2019 07:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item