Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink stroberi dengan variasi konsentrasi karagenan

Miekewati, . (2014) Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink stroberi dengan variasi konsentrasi karagenan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Jelly drink merupakan salah satu produk minuman yang berbentuk gel dan mudah dihisap. Bahan baku jelly drink adalah ekstrak buah-buahan, salah satunya yang digunakan dalam penelitian ini adalah stroberi. Stroberi memiliki rasa buah yang manis-asam sehingga akan membuat jelly drink stroberi menjadi produk yang inovatif bagi konsumen. Jelly drink stroberi ini kaya akan serat, vitamin dan mineral serta flavor yang masih dapat dipertahankan. Gelling agent yang digunakan untuk pembuatan jelly drink stroberi adalah karagenan. Perbedaan konsentrasi karagenan yang ditambahkan diduga mempengaruhi karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drink stroberi. Penelitian ini bertujuan adalah untuk memahami pengaruh konsentrasi karagenan terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drin kstroberi. Konsentrasi karagenan yang berbeda diduga mempengaruhi karakteristik jelly drink yang meliputi sifat fisikokimia (pH, laju alir, viskositas, dan sineresis) dan organoleptik (kesukaan terhadap daya hisap, rasa, warna). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu factor dan tujuh taraf perlakuan yaitu konsentrasi karagenan (0,10%; 0,15%; 0,20%; 0,25%; 0,30%; 0,35%; 0,40%) dengan 4 kali ulangan. Parameter yang diuji adalah sifat fisikokimia meliputi viskositas, laju alir, pH, sineresis hari ke-1, hari ke-7 dan hari ke¬14 selama penyimpanan, dan uji organoleptik (warna, daya hisap, rasa). Semua data dianalisa secara statistik menggunakan uji ANOVA (Analysis of Variance) pada α = 5%, dan dilanjutkan menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural" not defined]
Uncontrolled Keywords: Jelly drink, Stroberi, Karagenan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:21
Last Modified: 24 Aug 2017 07:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item