Sifat fungsional kacang merah kukus dengan variasi waktu pengukusan

Lydia, Serevia H. (2014) Sifat fungsional kacang merah kukus dengan variasi waktu pengukusan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Kacang merah merupakan salah satu bahan pangan di Indonesia yang memiliki jumlah produksi tinggi sehingga memiliki potensi untuk diaplikasikan menjadi produk pangan yang lebih inovatif. Pengaplikasian kacang merah menjadi produk pangan dapat dimaksimalkan dengan mengetahui sifat fungsional kacang merah. Sifat fungsional kacang merah sangat erat kaitannya dengan komponen pati dan protein yang terkandung di dalamnya. Komponen pati dan protein pada kacang merah mentah secara struktural masih berbentuk senyawa kompleks sehingga dapat menghambat sifat fungsional kacang merah. Pengukusan merupakan salah satu perlakuan pemanasan yang dapat membuka struktur kompleks pati-protein, sehingga protein mengalami denaturasi dan pati mengalami gelatinisasi. Oleh karena itu perlu dipelajari pengaruh waktu pengukusan terhadap sifat fungsional yang dimiliki oleh kacang merah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pengukusan terhadap sifat fungsional kacang merah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Faktor yang diteliti adalah waktu pengukusan kacang merah yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu 0 menit, 6 menit, 12 menit, 18 menit, 24 menit dan 30 menit dengan pengulangan sebanyak tiga kali. Sampel yang digunakan tiap perlakuan sebanyak 100 g. Parameter yang diuji meliputi kelarutan protein, daya serap air, daya serap minyak, pembentukan gel, kapasitas dan stabilitas buih, kapasitas dan stabilitas emulsi, dan kadar air. Parameter tersebut didukung oleh pengujian hardness dan profil granula pati kacang merah kukus.Data yang diperoleh akan dihitung rata-rata dan standard deviasinya untuk menentukan profil dari sifat fungsional kacang merah kukus.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural" not defined]
Uncontrolled Keywords: kacang merah, sifat fungsional, waktu pengukusan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:47
Last Modified: 24 Aug 2017 07:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item