Perubahan kadar senyawa bioaktif dan aktivitas antioksidan beras organik merah varietas saodah pada variasi jenis pengemas selama enam bulan penyimpanan

Gunawan, William Saputrajaya (2014) Perubahan kadar senyawa bioaktif dan aktivitas antioksidan beras organik merah varietas saodah pada variasi jenis pengemas selama enam bulan penyimpanan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Beras merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Jenis beras yang lebih diketahui masyarakat Indonesia merupakan beras putih dan beras merah. Beras merah kaya akan serat, mineral, minyak, dan vitamin serta tinggi akan komponen bioaktif dibandingkan beras putih yang umumnya dikonsumsi masyarakat Indonesia. Beras organik merah varietas Saodah merupakan salah satu jenis beras yang dibudidayakan di daerah Sleman, D.I. Yogyakarta. Komponen bioaktif dalam beras merah tergolong sebagai senyawa antioksidan. Beras merah memiliki senyawa fenolik serta pigmen cyanidin-3-glucoside yang berperan sebagai antioksidan. Penyimpanan beras yang terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen senyawa bioaktif. Salah satu cara untuk melindungi produk dari kerusakan adalah digunakan pengemas plastik berbahan polietilen (PE) dan polipropilen (PP) yang lebih sering digunakan untuk menjaga keamanan bahan pangan dibandingkan jenis kemasan yang lain. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan yang berbeda terhadap kadar senyawa bioaktif dan aktivitas antioksidan dari beras organik merah varietas Saodah selama penyimpanan 6 bulan. Rancangan penelitian yang digunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) tersarang yaitu pada pengunaan jenis pengemas yang berbeda terhadap beras merah organik varietas Saodah selama penyimpanan. Pengulangan dilakukan sebanyak tiga kali untuk setiap perlakuan. Parameter yang diuji adalah kadar senyawa bioaktif (total fenolik, flavonoid, dan antosianin), dan aktivitas antioksidan (kemampuan menangkal radikal bebas DPPH dan mereduksi ion besi) serta parameter pendukung yaitu kadar air dan kadar ion Fe. Data yang diperoleh akan dianalisa statistik dengan uji ANOVA pada α = 5%, jika ada beda nyata akan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: beras merah organik, senyawa bioaktif, aktivitas antioksidan, penyimpanan dan pengemas.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:36
Last Modified: 24 Aug 2017 07:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item