Optimasi formula sabun transparan dengan kombinasi sodium lauryl ether sulfate (sles) dan cocamidopropyl betaine sebagai surfaktan

Agustina, Debora (2017) Optimasi formula sabun transparan dengan kombinasi sodium lauryl ether sulfate (sles) dan cocamidopropyl betaine sebagai surfaktan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I A5.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II A5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV A5 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sabun merupakan produk yang dihasilkan dari reaksi penyabunan asam lemak dengan alkali. Sabun transparan merupakan sediaan sabun padat yang memiliki penampilan bening, tembus pandang dan berkilau serta mengandung humektan didalamnya. Humektan yang sering ditemukan dalam formula sabun transparan yaitu gliserin, propilen glikol dan sukrosa yang dapat juga berperan sebagai transparency agent. Selain itu, surfaktan juga merupakan komponen penting dalam formulasi sabun. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES) dan cocamidopropyl betaine serta mendapatkan komposisi formula yang optimum. Formula sabun transparan dioptimasi dengan menggunakan metode factorial design dengan software design expert ver. 10.0. Respon yang diamati yaitu daya pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Hasil penelitian menujukkan bahwa Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES) berpengaruh signifikan untuk meningkatkan daya pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Cocamidopropyl betaine berpengaruh signifikan untuk meningkatkan daya pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Interaksi keduanya berpengaruh meningkatkan daya pembersihan, stabilitas busa dan menurunkan pembentukan busa. Formula optimum pada sabun transparan yang diperoleh dengan program design expert yaitu kombinasi Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES) 11,68% dan cocamidopropyl betaine 8,72% dengan hasil daya pembersihan 45,21%, pembentukan busa 11,39 cm dan stabilitas busa 67,21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of pharmacy" not defined]
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Debora Agustina
Date Deposited: 06 Sep 2017 08:20
Last Modified: 06 Sep 2017 08:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item View Item