Karakteristik fisikokimia dan organoleptik yogurt buah naga merah (Hylocereus polyrhizus L.) dengan berbagai proporsi sari buah dan susu UHT

Indah, Lydia (2014) Karakteristik fisikokimia dan organoleptik yogurt buah naga merah (Hylocereus polyrhizus L.) dengan berbagai proporsi sari buah dan susu UHT. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Fruit yogurt merupakan salah satu jenis yogurt yang ditambahkan buah atau sari buah, rasa sintetis, dan pewarna makanan untuk memberi cita rasa dan kenampakan yang menarik pada yogurt. Salah satu jenis buah yang dapat ditambahkan adalah buah naga merah. Penggunaan buah pada yogurt selain dapat memberikan pengaruh positif secara organoleptik, juga dapat memberikan pengaruh fisikokimia seperti peningkatan total asam, penurunan pH, memberi warna hingga pengaruh terhadap laju fermentasi. Penambahan bubur buah naga pada pembuatan yogurt menimbulkan permasalahan rasa langu yang disebabkan oleh aktivitas enzim lipoksigenase. Bau langu pada buah naga merah dapat diminimalkan dengan penggunaan sari buah atau ekstraksi buah naga merah. Namun, perlu dilakukan kajian tentang pengaruh perbandingan sari buah naga merah dan susu UHT terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik yogurt buah naga merah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) Faktorial dengan satu faktor yaitu proporsi sari buah naga merah dengan susu UHT (M0 ; M1 ; M2 ; M3 ; M4 ; M5). Pengulangan dilakukan 4 kali untuk setiap perlakuan. Parameter yang diuji meliputi organoleptik (kesukaan terhadap warna dan rasa), pH, warna dan total asam, dengan data pendukung Angka Lempeng Total. Data yang diperoleh dianalisa secara statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% dan jika ada beda nyata maka akan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan mana yang memberikan perbedaan nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Fruit yogurt, naga merah, fisikokimia, organoleptik
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:31
Last Modified: 31 Aug 2017 04:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12494

Actions (login required)

View Item View Item