Penggunaan Na-CMC dan Gum Xanthan untuk memperbaiki kualitas cake beras rendah lemak

Widija, Stephanie Livia Joana (2014) Penggunaan Na-CMC dan Gum Xanthan untuk memperbaiki kualitas cake beras rendah lemak. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Cake beras rendah lemak dapat dibuat dengan menggantikan keseluruhan margarin dengan kacang merah kukus namun menghasilkan cake beras dengan moistness rendah, pori-pori tidak seragam, dan tingkat kesukaan konsumen yang menurun. Penggunaan Na-CMC pada cake beras perlu dikombinasikan dengan hidrokoloid lain untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan organoleptik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kombinasi hidrokoloid (Na-CMC dan gum xanthan) terhadap sifat fisik, kimia, dan organoleptik cake beras rendah lemak. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan satu faktor, yaitu konsentrasi hidrokoloid (Na-CMC dan gum xanthan) yang terdiri dari lima level yaitu 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5% berdasarkan berat tepung dengan lima pengulangan. Cake beras rendah lemak dianalisis sifat kimia (kadar air), sifat fisik (volume spesifik, dan tekstur: hardness, springiness, cohesiveness, gumminess, dan chewiness dengan Texture Analyzer), dan sifat organoleptik (kesukaan terhadap keseragaman pori, kemudahan dikunyah, kelembutan, rasa, dan kemudahan ditelan (moistness)). Data akan dianalisis dengan Analysis of Variance pada α = 5% untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perlakuan terhadap sifat fisik, kimia, dan organoleptik cake beras. Apabila hasil ANOVA menunjukkan adanya perbedaan nyata, maka dilakukan uji lanjutan yaitu uji Duncan’s Multiple Range Test untuk mengetahui perbedaan di antara level perlakuan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: cake beras rendah lemak, Na-CMC dan gum xanthan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:06
Last Modified: 31 Aug 2017 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item