Pengaruh penambahan putih telur dan proporsi daging buah pala dan air terhadap kadar fenol dan aktivitas antioksidan sari buah pala

Kusnanto, William (2014) Pengaruh penambahan putih telur dan proporsi daging buah pala dan air terhadap kadar fenol dan aktivitas antioksidan sari buah pala. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Daging buah pala merupakan bagian terbesar dari buah pala segar yaitu sekitar 80%, namun baru sebagian kecil saja yang sudah dimanfaatkan. Pengolahan daging buah pala menjadi sari buah merupakan hal yang menarik dan potensial untuk dikembangkan mengingat kebutuhan masyarakat di era modern ini membutuhkan minuman ready to drink. Rasa sepat pada buah yang disebabkan senyawa tanin dapat mengurangi penerimaan konsumen. Rasa sepat pada sari buah dapat dikurangi dengan cara ditambahkan putih telur dan mengatur proporsi daging buah dan air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan putih telur dan proporsi daging buah pala dan air terhadap kadar fenol dan aktivitas antioksidan sari buah pala. Rancangan percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Faktorial dengan dua faktor yaitu penambahan putih telur (1%, 2%, dan 3%) dan proporsi daging buah pala dan air (1:3, 1:4, dan 1:5). Setiap perlakuan akan dilakukan sebanyak 3 kali. Parameter yang diuji adalah kadar fenol, flavonoid, dan aktivitas antioksidan (kemampuan menangkap radikal DPPH (2,2-diphenil-1¬picrylhydrazyl), kemampuan mereduksi ion besi, dan kemampuan mengkelat ion besi). Parameter pendukung yang digunakan adalah kadar Fe pada buah pala. Data yang diperoleh akan dianalisa statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5%, Jika terdapat beda nyata akan dilanjutkan dengan uji beda jarak nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk mengetahui perlakuan yang memberikan perbedaan nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Daging Buah Pala, Putih Telur, Sari Buah, Kadar Fenol, Aktivitas Antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:26
Last Modified: 31 Aug 2017 08:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item