Pengaruh proporsi air dan daging buah pala dan kosentrasi putih telur terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik minuman sari buah pala

Gunawan, Megawati (2013) Pengaruh proporsi air dan daging buah pala dan kosentrasi putih telur terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik minuman sari buah pala. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Sari buah pala didapatkan dari ekstraksi daging buah pala dengan penambahan air dalam proporsi tertentu. Perbedaan proporsi air yang ditambahkan diduga mempengaruhi karakteristik minuman sari buah yang dihasilkan. Buah pala memiliki aroma yang khas dan cukup disukai, namun buah pala memiliki rasa asam dan sepat sehingga dapat menurunkan tingkat kesukaan. Kekurangan tersebut dapat diatasi dengan penambahan putih telur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi air dan daging buah pala dan konsentrasi putih telur terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik minuman sari buah pala. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Faktor pertama adalah proporsi daging buah pala dan air dengan dua taraf faktor yaitu 1:3 dan 1:5. Faktor kedua adalah konsentrasi putih telur yang terdiri dari 4 taraf faktor yaitu 0, 1, 3, dan 5%. Setiap perlakuan akan diulang sebanyak empat kali. Parameter yang diuji adalah sifat fisikokimia meliputi total padatan terlarut, total asam, pH, viskositas, persentase pengendapan dan sifat organoleptik meliputi uji kesukaan terhadap warna, kekeruhan, rasa, dan aroma. Data yang diperoleh dianalisa dengan ANOVA (Analysis of Variance) pada α=5% dan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test)dengan α=5%.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Daging Buah Pala, Putih Telur, Sari Buah
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 04 Sep 2017 05:53
Last Modified: 04 Sep 2017 05:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item