Kajian pengaruh konsentrasi Na Alginat dan lama penyimpanan terhadap viabilitas Lactobacillus acidophilus FNCC 0051 terimobil

Lianto, Priscilia (2013) Kajian pengaruh konsentrasi Na Alginat dan lama penyimpanan terhadap viabilitas Lactobacillus acidophilus FNCC 0051 terimobil. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Teknik imobilisasi dapat dilakukan pada bakteri probiotik untuk memberikan perlindungan terhadap bakteri dalam produk sehingga dapat mencapai saluran pencernaan. Na alginat yang ditambahkan CaCl2 mudah membentuk matriks gel berupa Ca alginat di sekeliling sel-sel bakteri. Namun, matriks gel Ca alginat memiliki struktur gel yang mudah pecah dan permukaan kapsul gel yang berporus. Kombinasi Na alginat dengan prebiotik isomalt dapat meningkatkan kemampuan perlindungan bagi sel-sel bakteri sehingga menghasilkan matriks gel yang mengandung sel-sel bakteri yang aktif bermetabolisme. Perbedaan proporsi Na alginat yang mengandung isomalt 3% (b/v) berpengaruh terhadap viabilitas Lactobacillus acidophilus selama penyimpanan.Konsentrasi Na alginat yang digunakan dapat mempengaruhi karakteristik matriks pemerangkapan dan viabilitas probiotik selama penyimpanan juga dapat terjadi perubahan pada matriks pemerangkapan sel imobil sehingga dapat berpengaruh pada perlindungannya terhadap sel yang terimobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Na alginat dan lama penyimpanan terhadap viabilitas Lactobacillus acidophillus FNCC 0051 terimobil. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) desain faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi Na-alginat yang terdiri dari 3 (tiga) level, yaitu 1% (b/v), 1,5% (b/v), dan 2% (b/v) dan lama penyimpanan yang terdiri dari 3 (tiga level), yaitu 0,10, dan 20 hari sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan. Masing-masing kombinasi perlakuan akan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali sehingga akan diperoleh total 27 unit eksperimen. Parameter yang diuji yaitu ALT sel imobil, tekstur (hardness, chewiness, adhesiveness, springiness) dan diameter beads (manik-manik matriks pemerangkapan probiotik) yang akan diuji. Data yang diperoleh dianalisa secara statistic dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5%. Jika hasil uji ANOVA menunjukkan beda nyata maka akan dilanjutkan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: imobil, alginat, isomalt
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:54
Last Modified: 05 Sep 2017 02:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item