Perancangan homogenizer untuk skala industri rumah tangga

Markus, Yovian W. L. (2014) Perancangan homogenizer untuk skala industri rumah tangga. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Homogenisasi adalah proses penyeragaman ukuran partikel untuk mempertahankan kestabilan dari campuran dari 2 fase yang tidak dapat menyatu. Proses pengecilan ukuran terjadi karena gaya yang timbul akibat perlakuan mekanik sehingga menyebabkan pemecahan pada partikel terdispersi. Homogenisasi dapat diterapkan pada produk-produk berbasis emulsi yang banyak dihasilkan oleh industri rumah tangga di Indonesia seperti santan atau susu kedelai. Kendala penerapan homogenisasi pada skala industri rumah tangga adalah kebutuhan akan homogenizer. Pengolahan dengan homogenizer pada skala industri besar umumnya menggunakan homogenizer jenis high pressure homogenizer yang berkapasitas besar dan memiliki harga yang mahal. Peluang penggunaan homogenizer pada industri rumah tangga ada pada homogenizer jenis high shear disperser. Penelitian ini dilakukan dengan merancang homogenizer jenis high shear disperser untuk menjadi pilot plan yang kelak diharapkan dapat diterapkan untuk menjadi homogenizer bagi skala industri rumah tangga. Penelitian untuk menguji performansi homogenizer dilakukan dengan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor yaitu kecepatan putaran dan lama waktu homogenisasi, dengan tiap perlakuan diulang 2 kali. Parameter yang diuji yaitu warna, creaming index, pengamatan mikroskopis globula lemak, dan sensoris (kesukaan terhadap warna). Data yang diperoleh untuk uji ukuran globula lemak, warna, dan creaming index yang diperoleh akan diuji secara statistik menggunakan metode respon permukaan untuk mengetahui nilai variabel-variabel independen yang menyebabkan respon suatu proses menjadi optimal. Data pengujian sensoris akan diuji secara statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α=5%, untuk mengetahui apakah perlakuan memberikan pengaruh nyata terhadap parameter pengujian.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Homogenizer, industri rumah tangga, kecepatan putaran, waktu homogenisasi.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:36
Last Modified: 05 Sep 2017 04:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item