Pengaruh terapi relaksasi benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes

Juwita, Linda, Ninda Ayu Prabasari P., . and Manungkalit, Maria (2016) Pengaruh terapi relaksasi benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes. Jurnal Ners Lentera, 4 (1). pp. 6-14. ISSN 2338-6341

[thumbnail of Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes]
Preview
Text (Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes)
PengaruHTerapi_NINDA.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes-peer review] Text (Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes-peer review)
R1&2__Pengaruh_Terapi_Relaksasi_Benson....08282017085952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes] Text (Pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan diabetes)
Pengaruh_Terapi_Relaksasi_Benson_...Hasil Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Pendahuluan: Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit degeneratif. Komplikasi dari DM yakni hipoglikemia, diabetes ketoasidosis, sindrom hiperglikemik hiperosmolar nonketotik. Penderita DM rentan untuk mengalami penurunan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh terapi Benson terhadap kadar gula darah pada lansia dengan Diabetes Mellitus.Metode: Desain penelitian ini adalah quasy eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test post test control group design.Populasinya adalah semua lansia penderita DM di Posyandu Lansia Matahari Surabaya. Sampel dalam penelitian berjumlah 38 Orang masing-masing kelompok perlakuan dan kontrol yaitu 19 orang, dengan kriteria menderita DM, usia 55 tahun, dan kooperatif. Hasil: Hasil penelitian kelompok kontrol yaitu p = 0.005sedangkan kelompok perlakuan p = 0.001. Pembahasan: Stress yang menyebabkan hormon kortisol meningkat membuat glukosa lebih sulit untuk memasuki sel dan meningkatkan gula darah. Dalam relaksasi Benson, proses pernafasan yang tepat dilakukan, ini merupakan penawar stress. Kesimpulan:Relaksasi Benson dapat menurunkan kadar gula darah pada lansia dengan DM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Relaksasi Benson, gula darah, lansia
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:17
Last Modified: 14 Jun 2019 07:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item