Hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang initial assesment dengan pelaksanaan primary survey di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya

Da Conceicao, Jose Antonio (2017) Hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang initial assesment dengan pelaksanaan primary survey di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7 DAN DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (BAB 7 DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB 7.pdf

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah instalasi untuk menangani kasus-kasus gawat darurat, seperti kecelakaan, keracunan, korban bencana alam, panas, muntah-muntah, diare berat yang membutuhkan penanganan segera untuk menyelamatkan nyawa dan menghindari kecacatan (Wicaksana 2011). Seseorang mengalami henti napas ataupun henti jantung belum tentu ia mengalami kematian, masih dapat ditolong. Awal pemeriksaan dengan initial assessment yaitu, mulai dari persiapan dalam mengidentifikasi pasien, setelah itu melakukan triage sesuai dengan klasifikasi penyakit dan dilanjutkan dengan melakukan primary survey yaitu ABCD (Airway, Breathing, Circulation, Disability) dalam melakukan tindakan pertolongan pertama yang kemudian dilanjutkan dengan tindakan berupa resusitasi jantung paru (RJP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan perawat IGD tentang initialassesment pasien gawat darurat dengan pelaksanaan primary survey di IGD.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan corelational yaitu penelitian korelasional mengkaji dua variabel dan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Populasiyang diambil perawat instalasi gawatdarurat RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya dengan jumlah 23 responden.Instrument yang digunakan adalah kuesioner closed-ended(multiple choice)dan lembar observasi rating scale yang datanya dianalisis dengan teknik korelasi rank spearmen(p=0,05). Hasil menunjukan nilai korelasi yang positif hasil uji korelasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai signifikansi yang ditunjukkan ialah sebesar 0,000 atau < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,743. Ini berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan perawat tentang initial assesment semakin baik dalam pelaksanaan primary survey. Hasil ini dapat menjadi acuan untuk meningkat kinerja kerja perawat IGD dalam menangani pasien gawatdarurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perawat, Pengetahuan, Pelaksanan Primary Survey, Instalasi Gawat Darurat
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 4804 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:37
Last Modified: 26 Jul 2023 09:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item View Item