Laporan kerja praktek pengontrolan free chlorine

Widyanata, Bellinda Margaretha (2017) Laporan kerja praktek pengontrolan free chlorine. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engieneering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Laporan kerja praktek dengan judul “Pengontrolan Free Chlorine” ini akan membahas tentang kegiatan penulis selama melaksanakan kerja praktek di PT. Burkertindo Kontromatik, Jalan Raden Saleh no 16E, Surabaya. Pada kerja praktek ini penulis lebih fokus dalam perancangan sistem pengontrolan free chlorine, serta pemilihan alat yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan sesuai ketentuan permintaan pelanggan. Dan juga kerja praktek ini dilakukan sebagai salah satu syarat kelulusan pada Jurusan Teknik Elektro, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Pada kerja praktek di PT. Burkertindo Kontromatik, penulis melakukan pekerjaan di bagian teknik dengan jam kerja dari pukul 07.30 – 17.00. Kegiatan yang dilakukan penulis adalah mempelajari tentang chlorine dan fungsinya sebagai desinfektan, mempelajari tentang cara kerja pompa, valve beserta macam-macamnya, sensor, serta membuat desain P&ID (Piping and Instrumentation Diagram) untuk sistem pengontrolan free chlorine beserta pemilihan instrumentasi dengan kapasitas sesuai yang dibutuhkan. Selain itu juga dilakukan kunjungan pabrik guna melihat secara langsung cara kerja instrumentasi yang akan digunakan serta bagian-bagian yang terdapat didalamnya, dan mengenal lebih dalam seputar dunia kerja. Secara khusus bimbingan yang diberikan berupa pengarahan langsung mengenai proyek, pemberian literatur, website resmi perusahaan yang berisi penjelasan mengenai produk, fungsi sistem pengontrolan free chlorine dalam kebutuhan air bersih, perhitungan yang digunakan dalam perancangan proyek tersebut, serta pemilihan komponen yang dibutuhkan agar dapat diperoleh suatu sistem pengontrolan free chlorine dengan ukuran yang diharapkan. Hasil dari kerja praktek ini adalah desain P&ID (Piping and Instrumentation Diagram) untuk sistem pengontrolan free chlorine sebagai desinfektan dan memperoleh pompa, control valve, sensor, serta pressure switch sesuai kebutuhan pada sistem pengontrolan free chlorine. Serta mendapat pengalaman mengenai dunia kerja.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engieneering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Free chlorine, fluida, P&ID, pompa, control valve
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 4891 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 08:26
Last Modified: 06 Feb 2019 07:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item View Item